Rabu, 09 Mei 2018

Penulis yang Tidak Narsis


Kredit Pribadi
Saya baru saja menyelesaikan buku yang tertera dalam foto di atas. Pertanyaan pertama saya kepada pembaca sekalian, siapa penulis buku itu?
Kalau dilihat dari sampulnya, tidak ada petunjuk di sana tentang siapa penulisnya. Kalau dicek di halaman belakang, yang biasanya ada halaman untuk biodata penulis, juga tidak ditemukan catatan tentang siapa penulisnya. Lalu siapa yang bertanggung jawab atas tulisan di buku itu?
Kok di zaman yang manusianya suka narsis dan pamer ini ada manusia yang tidak mau ketahuan karyanya. Ini bukan karya haram atau illegal loh. Ini buku, yang isinya ide-ide yang tidak banyak orang yang bisa memikirkan dan menuliskannya.
Setelah saya cek lagi di dalam buku, saya menemukan sebuah nama di halaman kedua, pada bagian hak cipta. Itu pun tidak ada penjelasan dan embel-embel penulis. Hanya ada satu setengah baris tulisan seperti ini :
“Copyright 2015 by Caesar Lincoln – All rights reserved”
Sudah begitu saja. Di situ saja para pembaca buku tersebut akan mendapatkan nama penulisnya di dalam buku.
Buku ini bukan buku pertama yang saya dapat dengan tipe seperti itu. Sebelumnya, buku berjudul ‘The Minimalis Budget’ juga tidak menampilkan nama penulis di sampulnya. Buku-buku tersebut punya kesamaan lain yakni, di belakangnya ada tempat terbit yang sama : USA. Mungkin memang ada khusus penerbitan buku-buku jenis ini di Amerika. Kalau di Indonesia, semacam penerbit Indie, begitu kali ya.
Hanya saja, orang-orang yang memilih menerbitkan buku dengan cara semacam itu tentulah punya karakteristik yang juga sama : tidak narsis. Lihat saja, bahkan tidak ada penjelasan tentang siapa penulisnya di bagian biodata.
Bisakah penulis Indonesia melakukan hal yang sama? Atau pertanyaannya diganti, sanggupkah para penulis di Indonesia menulis berlembar-lembar halaman dan melewatkan kesempatan pamer diri di bagian biodata penulis?
Kalau saya ditanya sih, mungkin tidak. Tapi berhubung saya bukan penulis profesional, saya tidak perlu dibebani pertanyaan semacam itu. Hehe

Tidak ada komentar:

Posting Komentar