Selasa, 09 Juni 2015

Apa Itu Ekonomi Kerakyatan?


Kalau ditanya apa itu ekonomi kerakyatan, kebanyakan dari kita barangkali akan langsung memikirkan usaha kecil dan menengah yang dimiliki oleh masyarakat. Kalau benar begitu, saya merekomendasikan buku yang diterbitkan Gerak Lawan, ‘Meruntuhkan Tembok Imperialisme: Bunga Rampai Penolakan Undang-undang Penanaman Modal’. Salah satu esai yang ada di dalamnya membicarakan soal ekonomi kerakyatan seperti apa yang seharusnya kita miliki.

Usep Setiawan−Ketua Dewan Nasional Konsorsium Pembaruan Agraria−menulis begini: ekonomi kerakyatan bukan berarti skala usaha ekonomi menengah dan kecil. Ekonomi kerakyatan merupakan semangat membangun perekonomian yang didasarkan pada tata cara produksi dan orientasi produksi yang bertumpu pada kerja sama dan kerja bersama dari kalangan rakyat itu sendiri. Ekonomi kerakyatan adalah cara produksi yang menjauhkan diri dari praktik monopoli dan penghisapan.

Nah, ada pun bentuk usaha kecil, menengah, atau besar, sesungguhnya hanya merupakan pilihan yang didasarkan pada ukuran keefektifan ekonomi dan kemampuan manajerial dasar yang dimiliki masyarakat. Sekali lagi, inti dari ekonomi kerakyatan adalah acuan prinsip, cara, dan orientasinya tadi. Bukan bentuknya loh ya!


Omong-omong, saya membeli dan membaca buku ini karena keperluan penulisan tesis. Sebenarnya jauh sih dari topik tesis saya. Tapi karena tesis saya berada di jalur penelitian akuntansi kritis, jadi saya pikir penting untuk membaca ini sebagai dasar untuk cara berpikir kritis yang benar. Menjadi penulis yang baik, dimulai dari cara berpikir yang benar kan?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar