Dari hari ke hari, saya belajar banyak di kelas
Akuntansi Madya II yang saya dampingi. Ada banyak metode belajar yang kami
gunakan. Mulai dari belajar langsung di pedagang gadde-gadde, belajar lewat video, belajar dengan presentasi, dan
kali ini saya tengah menyediakan bahan ajar untuk besok dengan menggunakan
gambar.
Setiap kali masuk kelas, meneladani perilaku
suami, saya berusaha mempersiapkan dengan serius apa yang akan saya bahas di
kelas bersama mahasiswa. Untuk kali ini, saya akan mencoba strategi baru berupa
gambar alur pikir atau sering disebut dengan peta gagasan.
Sumber Gambar : Dokumentasi Pribadi |
Hasil penelitian Frelberg dan Discoll (1992)
dalam bukunya ‘Universal Teaching Strategies’
menyatakan bahwa strategi pembelajaran digunakan pada berbagai tingkatan
dan konteks yang berbeda. Belajar akuntansi butuh pendekatan berbeda dengan
belajar biologi, misalnya. Lebih khusus lagi, belajar topik penyajian laporan
keuangan akan berbeda dengan belajar topik terkait obligasi.
Seperti diketahui, belajar akuntansi bisa bikin
wajah mahasiswa menjadi kusut, kaku, dan ujung-ujungnya mengantuk jika pendamping
tidak cerdas-cerdas mengelola kelas. Dengan menggunakan gambar, kemampuan
visual mahasiswa akan lebih mudah terangsang. Seperti dalam penelitian
Wijayanti (2012) yang menyatakan bahwa dalam otak kita terdapat lebih banyak
perangkat untuk memproses informasi visual daripada semua indera yang lain. Nah,
semoga gambar-gambar saya yang unyu’-unyu’
bisa membuat suasana kelas lebih santai. Berharap kelas besok berjalan
menyenangkan dan membahagiakan. Aamiin.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar